Nama : Reza Fabryan
NPM : 29110711
Kelas : 1kb02
Harapan menurut saya adalah keinginan seseorang seperti layaknya cita cita. Harapan saya kedepan adalah saya ingin mendapatkan ipk di atas 3 , masih muda kerja di tempat yang layak dengan gaji yang lumayan, menaikan haji ibu saya , dan lain lain. untuk mewujudkan semua itu tidak hanya dengan kata kata atau pikiran saja , karna ucapan tanpa tindakan ibarat mimpi di siang bolong dan tindakan tanpa tujuan adalah mimpi buruk. Denagn bekerja keras dengan giat , Insya Allah saya bisa menggapai semua itu (Amin).
Mengenai orang yang membuat saya terinspirasi , menurut saya adalah Andrew Darwis. Siapa tak kenal beliau ?
Milliuner muda yang mempunyai situs komunitas terbesar di indonesia yaitu http://www.kaskus.us .Saya ingin seperti beliau tetapi dengan cara saya sendiri tentunya.
Biografi :
Andrew Darwis (lahir 20 Juli 1979 umur 31 tahun) merupakan pendiri (founder) komunitas online terbesar di Indonesia, Kaskus lewat situs Kaskusyang sekarang ini mempunyai lebih dari 2,5 juta member . Andrew sekarang menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) PT Darta Media Indonesia (Kaskus) sekaligus pemilik (owner) Kaskus Network lewat PT Darta Media Indonesia.
Andrew mendirikan Kaskus pada 6 November 1999. Bermula dari pengalamannya saat menimba ilmu di salah satu universitas terkemuka di Negeri Paman Sam, Seattle University, Program Studi Multimedia & Web Design, Art Institute of Seattle Computer Science di tahun1999, pria yang disapa Andrew ini terinspirasi membuat website forum komunitas yang bisa di bilang menjadi yang terbesar di Indonesia. "Saat itu saya ditugaskan oleh dosen untuk membuat program dari free software, dari situlah mulai muncul ide membuat website dengan nama Kaskus." Ujar Andrew yang bekerja di perusahaan lyrics.com saat kuliah di Amerika.
Kaskus berasal dari kata Kasak-Kusuk atau bermakna bergosip. Dengan modal awal sebesar US$ 3 (Rp 30.000,-) untuk membeli server, Andrew dan dua rekannya, Ronald dan Budi, memilih untuk membuat portal yang berisi mengenai berita maupun informasi tentang Indonesia. Portal tersebut sengaja di buat menjadi suatu media untuk memuaskan kerinduan bagi masyarakat Indonesia yang berada di Luar negeri.
Manfaatnya adalah semakin membaiknya geliat bisnis online, serta banyaknya orang yang memulai bisnis online dilihat Andrew sebagai potensi besar yang mendukung perkembanganKaskus. Berdasarkan survey, terdapat lebih dari 40 juta pengguna Internet di Indonesia. Dengan jumlah yang luar biasa tersebut, ia mengasumsikan bahwa masing-masing pengguna Internet adalah target pasar yang potensial
Kendalanya Andrew mengaku bahwa kendala terberat dialaminya saat awal pembentukan Kaskus. Ia harus turun tangan langsung dan memperbaiki apabila ada server yang down, karena saat itu Andrew belum memiliki karyawan. Selain itu kendala terberat juga dialaminya ketika pindah ke Jakarta, karenai ia harus meyakinkan customer dan advertiser mengenai citra Kaskus.
Pemasarannya Andrew dan timnya di awal usaha harus bergeriliya door to door ke klien untuk memperkenalkan positioning Kaskus dan tidak sampai 1 tahun, Kaskus sudah banyak dipercaya oleh client-client besar yang sudah mendukung Kaskus sejak pertama kali Kaskus launching pada Desember 2008. Berselang 2 bulan kemudian Kaskus resmi menjadi perusahaan professional di bawah bendera PT. Darta Media Indonesia.
Saat ini tercatat kaskus memiliki 1.755.000 member(update pertanggal 08 Juni 2010 pada pukul 15.30) dan terus bertambah tiap detiknya. Kaskus memiliki target pasar dari usia 15-40 tahun baik kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, professional dan entrepreneur.
Berbagai penghargaan juga diterima oleh Andrew di antaranya The Best Indonesian Communities for 2005 and 2006 versi Alexa.com dan Wikipedia, dari Microsoft dengan nominasiKaskus Indonesia Innovative Top Web Site di tahun 2008, dan dari Indosat dengan nominasi Kaskus The Online Inspiring Award di tahun 2009
Saat ini untuk me-manage Kaskus, Andrew dibantu 30 orang karyawan yang terbagi dalam tim pemasaran (marketing), sales, IT dan kreatif (creative).
Dari sekian banyak konten dalam Kaskus.us, tanpa ragu Andrew menyebut konten Jual Beli (FJB) dan Lounge sebagai terfavorit dikunjungi kaskuser. Para kaskuser yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia itu bisa memanfaatkan konten ini untuk transaksi bisnis online. Dalam sehari saja, 80 ribu daftar barang, diikutkan dalam Forum Jual Beli (FJB).
Obsesi yang ingin diraih Andrew untuk pengembangan bisnis online-nya adalah terus mengembangkan content (fasilitas yang ada di dalam website) Di Indonesia, sehingga nantinya orang luar negerilah yang akan membeli content itu.
Note : Warna Orange-Biru ini saya ambil dikarenakan warna itu adalah ciri khas forum kaskus itu
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Mengenai situs kaskus ini , ada dua bagian , yang pertama itu forum dan bagian yang kedua itu bagian jual beli (atau yang biasa gue kenal dengan sebutan FJB). Di dalam Forum ini terdapat beberapa bagian mulai dari yang ingin ngobrol serius sampai jokes ataupun santai santai dan ilmu pengetahuan pun ada , Nah kalo di FJB terdapat kategori berupa barang antik , komputer , furniture , mainan , misical instrument , dan lain lain .
Di FJB itu sendiri merupakan Jual-Beli secara Online , saya pernah membeli mainan di FJB dan Alhamdulillah , saya gak kena tipu oleh pembelinya. Untuk Transaksinya itu ada 3 pilihan , yang pertama transaksi langsung dengan mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual , yang kedua dengan bertemu si penjual secara LANGSUNG (yang ini aman banget kalo menurut saya) , dan yang terakhir adalah fasilitas rekber (semacam perantara gitu)
0 komentar:
Posting Komentar