Recent Videos


body{cursor: url(http://www.123cursors.com/freecursors/13567.ani); }
Got My Cursor @ 123Cursors.com
/">Got My Cursor @ 123Cursors.com
"),default}

Rabu, 06 April 2011

Cara Menanggulangi Stress Lewat Kebiasaan Sehat

Cara Menanggulangi Stress Lewat Kebiasaan Sehat

Biasanya ketika kamu udah ngrasa stress yg agan lakukan adalah dengan melakukan aktivitas lain yang cenderung menghibur, seperti menonton televisi, bermain video game, hingga berjalan-jalan di taman.

Namun sebenarnya, stress tak bisa lepas sepenuhnya hilang, dan akan terus ‘datang’ setiap kali seseorang mulai berpikir dengan keras. Bisa jadi, strees merupakan salah satu proses untuk pendewasaan diri. Meski begitu, stress yang dibiarkan saja akan menjadi 'penyakit' bagi Agan. Oleh karena itu, guna mencapai tubuh yang senantiasa terhindar dari stress, kamu perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat berikut ini.

1. Tinggalkan Kebiasaan Buruk

Cara menanggulangi stress pertama-tama adalah mengurangi atau bukan berhenti dari terlalu banyak mengkonsumsi alkohol maupun merokok. Jika kamu merasa tiada hari tanpa merokok atau aktif mengkonsumsi minuman beralkohol, hentikanlah saat ini juga dan mulailah hidup sehat. Bukan hanya kesehatan kamu yang jadi ancaman, tetapi kecanduan alkohol dan rokok jelas hanya menimbulkan stress baru.

2. Lakukan Aktivitas Fisik

Selain menyehatkan tubuh, cara menanggulangi stress yang lain adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, karena latihan ini dapat mengurangi ketegangan fisik dan mental. Orang-orang yang aktif secara fisik akan memiliki resiko lebih rendah mengalami stress serta kehilangan fungsi mentalnya. Selain itu aktivitas fisik seperti bersepeda, berjalan, menari, berenang atau berolahraga lain juga dapat menjadi sumber kesenangan, sehingga  terhindar dari stress.

3. Lebih Teratur

Bila sering kelimpungan saat melakukan berbagai tugas sehari-hari, kamu dapat mencoba untuk terlebih dahulu membuat daftar apa yang harus dilakukan sesuai dengan prioritasnya. Ikuti tugas-tugas dalam daftar tersebut sesuai dengan urutannya dan jangan lakukan hal-hal yang tidak ada dalam daftar agar hidup Agan lebih teratur. Keteraturan jelas tidak akan membawa kerumitan, sehingga keteraturan menjadi cara menanggulangi stress selanjutnya.

4. Menerima Hal-hal yang Tak Bisa Diubah

Hilangkan pikiran bahwa kamu terlalu tua atau terlalu lemah untuk melakukan sesuatu. Cobalah untuk menerima keadaan dan berusaha untuk melakukan berbagai kegiatan sesuai kemampuan Agan, terutama hal-hal baru yang menyenangkan dan menantang. Buktikan bahwa Agan mau berusaha meskipun kemampuan kamu terbatas. Pola pikir seperti ini juga dapat menjadi cara menanggulangi stress yang cukup ampuh.

5. Berkomunikasi

Keluarga dan teman-teman adalah aset yang berharga, karena dapat menjadi obat yang penting untuk melawan stress. Bagilah segala perasaan, harapan serta kesenangan Agan dengan teman-teman dan keluarga. Bila tidak bisa membaginya secara langsung, kamu dapat memanfaatkan teknologi dengan cara menelepon, SMS, chatting, maupun menyebarkannya di situs-situs jejaring sosial. Hal ini karena berkomunikasi dapat menjadi cara menanggulangi stress. Beberapa orang bahkan lebih tertatur jalan pikirannya setelah menceritakan keluh-kesahnya pada orang lain.

6. Cukup Istirahat

Selanjutnya, isitirahat tentu jadi cara menanggulangi stress paling mudah. Cukup dengan tidur sejenak, menarik napas, panjang, atau apapun yang Agan lakukan sebagai cara beristirahat, akan sangat berguna bagi pemulihan stamina dan mengurangi stress. Agar lebih maksimal, vobalah tidur selama enam hingga delapan jam setiap malam untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan pikiran yang segar saat bangun di pagi hari.

7. Jangan Kuatir Berlebihan


Meskipun sedang terpuruk karena diputuskan oleh kekasih atau tugas kantor menumpuk, tetaplah berpikir dengan jernih, karena itu bukan akhir dari dunia. Kekasih akan kembali Agan dapatkan kembali bila tetap berusaha dan tidak putus asa, serta tugas kantor akan selesai bila Agan mulai mengerjakannya sedikit demi sedikit. Selalu melihat setiap kejadian dari sisi positif, akan menjadi cara menanggulangi stress yang mudah dipraktekkan tentunya.

8. Berusaha Untuk Memberi

Bila selama ini banyak dibantu oleh keluarga maupun teman, cobalah untuk membalas budi mereka atau balaslah dengan membantu orang lain yang membutuhkan. Bila keuangan terbatas, Agan dapat menyisihkan waktu untuk mereka dan bantulah sesuai kemampuan. Tidak perlu memaksakan sesuatu yang Agan tidak mampu lakukan, karena hal tersebut justru akan menambah beban pikiran. Dengan membantu orang lain dan melihat pancaran sinar kebahagiaan dari mereka, niscaya Agan juga akan turut terbantu secara tidak langsung. Dengan kata lain, menerima dan memberi adalah cara menanggulangi stress yang dapat Agan praktekkan.

9. Tertawa

ingat slogan “tertawalah sebelum tertawa itu dilarang?” Meski hal tersebut tidak mungkin terjadi ?kecuali di tempat atau acara tertentu? namun tertawa merupakan aktivitas yang dapat membuat perasaan Agan menjadi lebih baik. Tertawa akan menghadirkan energi positif yang merangsang otak untuk melepaskan pemikiran-pemikiran negatif penyebab stress. Saat tertawa, tubuh Agan juga akan menghasilkan hormon endorphine sebagai penenang alami yang akan memberikan rasa nyaman bagi tubuh dan pikiran, dan inilah alasannya belakangan dikembangkan terapi tertawa sebagai cara menanggulangi stress.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger