Recent Videos


body{cursor: url(http://www.123cursors.com/freecursors/13567.ani); }
Got My Cursor @ 123Cursors.com
/">Got My Cursor @ 123Cursors.com
"),default}

Minggu, 06 November 2011

[TUGAS 1] Pengenalan Manajemen Proyek

Nama       : Reza Fabryan
Kelas        : 2KB02
NPM         : 29110711






Pengenalan Manajemen Proyek

           
           Pengelolaan sebuah proyek IT sangat berbeda dengan pengelolaan proyek-proyek padaumumnya. Hal ini dikarenakan IT memiliki hubungan yang sangat luas dan terikatdengan kemajuan teknologi yang sangat cepat dewasa ini.Dari satu sisi masih banyak ditemukan pengguna akhir (end user) yang masih sulitmenggunakan alat bantu seperti komputer dalam menjalankan tugasnya. Dari sisi lain peran dari pihak eksekutif (sponsor) yang terlalu berharap bahwa komputer akanmemberikan banyak nilai lebih bagi perusahaan, meskipun pada kenyataannya sangatsulit memperoleh keuntungan pada awal-awal penggunaan alat-alat bantu IT −dikarenakan banyak dibutuhkannya training bagi pengguna akhir dengan investasi besar.Di dalam dunia IT para pekerja, seperti: implementator / programmer / system analyst / designer dan administrator , menghadapi berbagai kendala dalam menjalankan fungsinya.





               Hal ini dikarenakan antara lain: perubahan strategi bisnis perusahaan, kompatibilitas perangkat keras, pilihan perangkat lunak yang beraneka ragam, masalah pengamanandata, bandwith jaringan komputer, tingkah laku para pengguna akhir dan pekerja lainnyaserta kebijakan-kebijakan dari eksekutif perusahaan.Semua permasalahan di atas membuat pengelolaan proyek IT menjadi sangat kompleksdan rentan terhadap kegagalan. Di dalam diktat ini akan dibahas bagaimana mengelolasuatu proyek IT mulai dari awal hingga akhir serta dapat menggunakan konsep-konsepmanajemen proyek yang umum dalam proyek IT. Tidak ketinggalan akan diberikan pulasuatu panduan untuk menggunakan MS Project 2002, sebagai salah satu tools yang seringdigunakan dalam pengelolaan proyek di perusahaan-perusahaan secara luas. Diktat initidak akan membuat Anda menjadi manajer proyek IT dalam waktu singkat, tetapi akanmembuka wawasan untuk memahami apa dan bagaimana proses pengelolaan proyek itu,dan apa peran yang dapat anda lakukan bila terlibat dalam suatu proyek IT

Secara umum, manajemen proyek dibutuhkan karena:


o Adanya kompresi dari siklus hidup produk (adalah pendorong utama perlunyamanajemen proyek);
o Adanya kompetisi global (persaingan ketat);
o Ledakan pengetahuan (menjadi kompleks);
o Downsizing (desentralisasi) manajemen perusahaan;
o Peningkatan fokus pada konsumen;
o Perkembangan yang sangat cepat di dunia ketiga (sebutan US untuk Asia) danekonomi tertutup (seperti negara China yang komunis);
o Proyek kecil yang banyak biasanya menimbulkan banyak masalah.

            Manajemen proyek TI merupakan kegiatan sumber daya yang tersedia dari sebuah proyek pengembangan solusi TI sehingga dapat dihasilkan suatu sistem solusi yang memenuhi obyektif yang telah ditetapkan. Sumber daya proyek TI yang dimaksud disini mencakup Sumber Daya Manusia, peralatan dan fasilitas kerja (baik hardware maupun software), dana, dan logistik.
Manajemen proyek TI mengendalikan tiga aspek dari proyek TI yakni produk yang dihasilkan, waktu, dan biaya. Produk yang dihasilkan proyek TI dipatok mempunyai fitur sesuai rancangan, memenuhi batasan performance yang telah ditetapkan dan mudah pemeliharaannya. “Proyek harus diselesaikan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan dengan tingkat keberhasilan yang dapat ditolerir dan menghabiskan biaya sesuai dengan anggaran

              Kemajuan dan perkembangan dalam perindustrian telah mendorong untuk melakukan beberapa aspek pengelolaan dan manajemen yang dituntut memiliki kinerja, kecermatan, ekonomis, kecepatan, ketepatan, ketelitian serta keamanan yang tinggi dalam mengelola harapan . Manajemen suatu kegiatan baik investasi kecil maupun besar dalam skala proyek memerlukan suatu metode yang sudah teruji, sumber daya yang berkualitas dan penerapan ilmu pengetahuan yang tepat.

          Menurut saya Pengertian manajemen Proyek adalah kegiatan yang dapat mengendalikan suatu wadahorganisasi yang bersifat sementara.untuk melakukan kegiatan yang telah ditetapkan sebelumnya agar mencapai tujuan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.


Ruang lingkup Proyek meliputi:


1. Menentukan waktu proyek dimulai
2. Perencanaan lingkup proyek yang akan dikerjakan
3. Pendefinisian ruang lingkup proyek
4. verifikasi proyek serta kontrol atas perubahan yang mungkin terjadi saat proyek 
tersebut dimulai.

Visi Dan Misi :



         Visi Dan Misi Manajemen Proyek adalah suatu tujuan (goal) yang dituju di masa depan. Visi memberi arahan .kemana perjalanan suatu proyek harus dituju. Apa yang diharapkan dari suatu proyek,sumberdaya apa saja yang dibutuhkan, apa saja yang harus dihasilkan, kapan proyek harus selesai, siapa saja yang berkepentingan dalam proyek ini, siapa pengguna akhir proyek. Ini adalah sebagian kecil dari berbagai macam pertanyaan yang harus terjawabdalam pelaksaan suatu proyek.Sebuah proyek tanpa tujuan yang jelas akan menghabiskan banyak waktu, biaya, dantalenta tanpa menghasilkan sesuatu yang bermutu. Sebelum suatu proyek dimulai harusdinyatakan dengan jelas apa hasil yang harus dicapai sehingga suatu proyek dapatdianggap selesai. 

          Sebuah proyek dapat dinyatakan dimulai (dalam konsep) pada saat telahdiketahui secara pasti dan jelas apa yang akan dihasilkan dari sebuah pelaksaan proyek.Setelah proyek terdefinisi perlu dinyatakan kapan proyek tersebut harus dimulai dankapan selesaiya. Peran seorang manajer proyek adalah temporer, mengingat rentangwaktu proyek yang terbatas. Seorang manajer proyek bertanggung jawab atas tercapainyavisi dan misi proyek, pengembangan aktivitas proyek dan kepemipinan serta pengelolaan sumberdaya selama berlangsungnya proyek

Kontaks Manajemen Proyek dan TI

         Teknologi Informasi (TI) sudah menjadi spektrum dalam kegiatan bisnis dunia. Investasi untuk pengembangan teknologi informasi merupakan sebuah fenomena yang diyakini para pelaku bisnis akan menambah nilai bisnis mereka. Fenomena ini mendorong meningkatnya permintaan terhadap pekerjaan-pekerjaan dibidang TI.

         Perkembangan di bidang TI pun menjadi tuntutan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Pendidikan bidang TI dengan berbagai jenjang pendidikan semakin banyak, produsen TI baik hardware maupun software semakin inovatif dalam mengembangankan produk-produknya.

         Pekerjaan bidang TI memiliki karakteristik khusus dibandingkan dengan pekerjaan non-TI. Hal ini karena karakteristik TI yang tidak bisa dipisahkan antara aktivitas organisasi secara menyeluruh. TI dikembangkan harus bersinergi dengan seluruh aktivitas bisnis secara keseluruhan.

        Dengan semakin banyaknya pekerjaan-pekerjaan bidang TI dan karakteristik TI itu sendiri akan menciptakan adanya proyek-proyek secara khusus menangani pekerjaan-pekerjaan pembangunan dan pengembangan TI. Sehingga diperlukan bidang kajian khusus yaitu pengelolaan (manajemen) proyek teknologi informasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger